Banyak Menu

yaaa… entah kenapa senin kemaren semangat masak sangat tinggi…mungkin karena liat kulkas dan meja makan penuh bahan-bahan yang harus dimakeover hihihihi…. walhasil menu senin kemaren jadi rame…

 

SAMBEL TUMPANG

Pertama, yang harus dibuat tentunya temen pelengkap nasi dulu, sebagai menu utama, liat di kulkas ada tempe semangit 2 bungkus…hmmm…berpikir sejenak, buka freezer ada santen jg, oke mari dibuat sambel tumpang aja Open-mouthed smile

IMG_5663

Bahan:

  • 250 gram tempe semangit (tempe yang sudah berumur beberapa hari dan mulai beraroma)
  • 100 gram daging rawonan
  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm kencur
  • 2 buah cabe merah
  • 5 buah cabe rawit
  • 1 cm lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 sdt ketumbar
  • 1,5 gelas santan
  • Gula dan garam secukupnya

Pelengkap:

  • Bayem dan taoge rebus secukupnya

Caranya:

  1. Rebus semua bahan kecuali santan dan ketumbar.
  2. Haluskan tempe dan bumbu-bumbu yang sudah direbus bareng tadi, kecuali lengkuas dan daun-daunan, tambahkan ketumbar juga.
  3. Potong daging kecil-kecil.
  4. Masukkan tempe, daging dan santan, rebus jadi 1, tambahkan gula dan garam secukupnya.
  5. Siap disajikan bersama sayuran pelengkap.

*diajarin ibu*

 

SATE DAGING BUMBU RUJAK

well…agenda selanjutnya menyiapkan lauknya, untuk kali ini lauknya adalah kiriman dari ibu, ummi tinggal kukus aja hehehehe… tapi tetep ummi sharing resepnya ya…

IMG_5664

Bahan:

  • 250 gram daging sapi, potong-potong, sisihkan
  • 4-5 buah cabe merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 2 sdm gula merah
  • 1 sdm asam jawa
  • Gula garam secukupnya
  • Tusuk sate secukupnya
  • Daun pepaya mengempukkan daging

Caranya

  1. Haluskan cabe, bawang putih dan kemiri.
  2. Tumis bumbu halus tadi, tambahkan asam, gula merah, gula dan garam, juga sedikit air, masak sampai matang.
  3. Masukkan daging yang sudah dipotong-potong tadi, diamkan kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap.
  4. Sunduk daging pada tusukan sate, celupkan lagi ke bumbunya, diamkan sebentar, bungkus dengan daun pepaya.
  5. Bakar sate sampai matang, siap disajikan

*dari ibu*

 

PIZZA ROTI TAWAR

Nah…kali ini kudapannya adalah hasil cek n ricek dari bahan-bahan yang ada ditambah melihat penampakan roti tawar yang sudah tidak tersentuh, kayanya cucok dibikin pizza, lanjutt!!! mari kita bikin!!!

IMG_5658

Bahan:

  • 10 lembar roti tawar, cetak bulat
  • 4 buah sosis, potong-potong
  • Saos tomat secukupnya
  • Saos sambel secukupnya
  • Keju mozarella secukupnya
  • Oregano bubuk secukupnya
  • Margarin secukupnya

Caranya:

  1. Olesin roti tawar dengan margarin.
  2. Campur saos tomat dan saos sambal sesuai selera, oleskan pada roti tawar.
  3. Tata sosis diatasnya, kemudian keju dan taburi dengan sedikit oregano bubuk.
  4. Panaskan oven pada suhu 150 derajat celcius, panggang pizza kurang lebih 15 menit.
  5. Siap disajikan.

*oprekan dapur ummi*

HUZARENSLA

Lhaaa…kalo ini dah pernah bikin, resepnya bisa ditengok disini (untuk dressingnya, buahnya mah bebas) Kali ini bikin huzarensla karena buah di kulkas ga abis-abis, sebelum mereka bertransformasi jadi busuk makanya mesti diolah heheheh…lumayan juga buat menu buka puasa abi kemaren Smile

IMG_5668

Yaaaaa…selesai sudah masaknya…Smile

Advertisements

Lontong Kikil

Ada stok kikil lumayan jumlahnya, maunya sih dibuat yang gampang, dibumbu sop  doang, tapi direject sang bapak, beliau mintanya dibikin lontong kikil ini, untungnya segalanya sedang ready stock,  alhamdulillah jadi, lumayan buat pengobat rindu lontong kikil langganan di Malang hehehehe….

IMG_5488

Bahan:

  • 500 gr kikil sapi rebus, potong-potong
  • 1 liter kaldu sapi
  • 2 batang sereh, geprek
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • berlembar-lembar daun jeruk ( terserah deh, pokoknya buanyaaak Open-mouthed smile)
  • Gula dan garam secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

  • 7 siung bawang putih
  • 7 butir bawang merah
  • 3 kemiri bakar
  • 1 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm kencur
  • 1,5 buah cabe merah

Pelengkap:

  • Daun bawang, rajang halus untuk taburan
  • Bawang merah goreng untuk taburan
  • Lontong
  • Emping goreng
  • Sambel rebus (cabe rawit direbus, dihaluskan)
  • Jeruk limau atau jeruk nipis

Caranya:

  1. Tumis bumbu halus, sereh, lengkuas dan daun jeruk sampai harum.
  2. Tuangi kaldu dan masukkan kikil, masak sampai mendidih, beri gula garam sesuai selera.
  3. Penyajian: tata lontong di mangkok, tuang kikil dan kuahnya, beri air perasan jeruk limau ato jeruk nipis, taburi dengan daun bawang dan bawang goreng.
  4. Sajikan dengan emping goreng dan sambel rebus.

*dari booklet femina ibu, kira-kira taon 85-86an dan dioprek di dapur ummiOpen-mouthed smile*

Tumis Daging Giling

Memanfaatkan daging giling yang masih nangkring di freezer, dan dalam rangka menghabiskan stok menjelang mudik, dan (banyak amat dan-nya Open-mouthed smile) pak sayur yang ga mampir kemaren, mungkin karena libur Galungan di Bali, jadi bener-bener seadanya…hihihi….tapi alhamdulillah, abi dan anak-anak doyanOpen-mouthed smile

IMG_4531

Bahan:

  • 250 gr daging giling
  • 3 buah wortel ukuran sedang, potong kotak, rebus, tiriskan
  • 25 batang buncis, potong kecil-kecil, rebus, tiriskan
  • 1,5 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1/2 sdt merica
  • 3 sdm tepung maizena
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1/4 gelas air
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • 4 siung bawang putih, cincang
  • 4 butir bawang merah, cincang

Caranya:

  1. Campur daging, gula, garam, merica, air dan tepung maizena, aduk rata, sisihkan.
  2. Tumis bawang merah putih dengan sedikit minyak sampai harum, masukan daging giling, aduk rata hingga daging tidak menggumpal.
  3. Masukkan kecap manis dan saus tiram, aduk rata sampai daging mateng.
  4. Masukan wortel dan buncis rebus, aduk rata, angkat, siap disajikan dengan nasi putih hangat.

*oprekan dapur ummi*

Empal Daging Giling

Inspirasinya adalah dari rolade atau galantin dan cerita ibu tentang empal, teringat anak-anak yang rada susah makan daging kalo ndak empuk banget, jadi cling!!! beride begini, dan alhamdulillah mereka doyan hihihihihi…..

IMG_4324

Bahan:

  • 250 gr daging giling
  • 3 butir telur
  • 100 gr tepung roti

Bumbu yang dihaluskan:

  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 1/2 buah cabe merah
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1/2 ruas jari lengkuas
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdm gula merah
  • Garam secukupnya

Caranya:

  1. Campur semua bahan jadi 1, uleni sampai rata
  2. Bungkus dengan daun pisang ato plastik , kukus kurang lebih 20 menit.
  3. Dinginkan, potong-potong, goreng sebentar, sajikan.

Note:

klo ummi ada cetakannya, dikasih ibu, yang khusus mesen sama tukang patri hihihihi…tapi barangkali mau bikin dengan bentuk cantik, pake aja kaleng bekas coke, lubangin sedikit sisi-sisinya, done!

*oprekan dapur ummi*

Terik

Ditemani sambel goreng kacang panjang, menu ini jadi semakin nikmat hohohoho…. isianya sebenarnya bebas, bisa daging, telor rebus ato tahu dan tempe, kali ini ummi pake daging dan tahu sesuai rikues abi. Masakan ini agak sedikit mirip dengan kare tapi bumbunya ndak sebanyak kare, makanya ummi ga pernah pake isian ayam dalam menu ini hihihihihi….

IMG_4282

Bahan:

  • 150 gr daging sapi, dipotong tipis, dipukul-pukul
  • 4 buah tahu, dibelah 2 segitiga, digoreng
  • 1/2 gelas santan kental
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1cm lengkuas, geprek
  • Gula garem secukupnya
  • 1 gelas air
  • Bawang goreng untuk taburan

Bumbu yang dihaluskan:

  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah bawang merah
  • 2 buah kemiri
  • 1/2 buah cabe merah
  • 1 ruas jari jahe
  • 2 ruas jari kunyit
  • 1/4 sdt ketumbar
  • 1/4 sdt jinten

Caranya:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dengan lengkuas dan daun jeruk sampe harum, tuang air.
  2. Setelah air mendidih, masukkan daging, masak sampe daging empuk, klo air habis dan daging belum empuk juga, boleh ditambahkan air lagi.
  3. setelah daging empuk, masukkan tahu dan santan, aduk-aduk sampai mendidih, jangan lupa gula dan garamnya.
  4. Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Note:

Klo ibu yang buat, dagingnya sudah rebusan, jadi ndak memakan waktu lama, tapi klo ummi suka yang begini Open-mouthed smile

*resep dari ibu*

Bakso lagi…new recipe…

 

Iya nih buat bakso dengan resep yang laen, yang ngajarin juga sama hehehehe…dan kami kayanya paling cocok sama resep yang ini, ini ummi pasang resep komplitnya, tapi biasanya bikinnya cuma setengah resep aja, abisnya banyak sih Open-mouthed smile

IMG_4255

Bahan:

  • 1 kg daging sapi utuh ato daging sapi giling
  • 200 gr tepung tapioka
  • 50 gr tepung maizena
  • 2 butir telur
  • 7-8 siung bawang putih, haluskan
  • 1 genggam es batu
  • garam dan merica secukupnya

Caranya:

  1. Giling semua bahan jadi 1, aduk rata
  2. Cetak adonan bulet-bulet, rebus dalam air mendidih, klo udah ngapung, angkat, tiriskan

Note:

  • Resep diatas, dagingnya utuh, biasanya digiling langsung jadi 1 di tukang giling daging, nah kalo ummi ya pake daging giling, ummi bekukan dulu di freezer, jadi pas ngadon es batunya ummi skip, ga pake…
  • Kuahnya bisa ditengok di resep bakso yang lama yaaa…

*resepnya mbak Entin*

Bakso

 

Seger sekali maem bakso cuman klo sering-sering beli ya bangkrut hehehehe….jadinya nanya sama kakak di Bondowoso yang suka bikin bakso karena tetanggaan sama bakul bakso, alhamdulillah hasilnya lumayan…

6240_1143392996281_1571183151_30346249_6190272_n

Bahannya:

  • 500gr daging ayam ato daging sapi, klo ummi pake daging giling
  • 150-250gr tepung kanji
  • 1pak tepung maizena (brapa ya itu, 100gr klo ga salah :D)
  • 1 butir telor
  • es batu secukupnya
  • 5 tahu dibelah segitiga, goreng kering
  • kulit pangsit secukupnya

Bumbunya:

  • 1/2 bungkul bawang putih
  • 1/4sdt merica bubuk
  • 1sdm garam

Cara buatnya:

  1. Klo punya food processor ya semua bahan diatas lsg diproses kecuali tahu dan kulit pangsit, klo ndak punya kaya ummi, klo pake daging sapi, ummi pake daging giling, trus es batunya diganti air es yang dingiiiinnn, klo daging ayam, ummi potong kecil, diblender pake air es juga, selebihnya sama, bahan laennya dicampur jadi 1, konsekwensinya makan tepung rada banyakan, makanya di resep tepung kanjinya antara sekian sampe sekian 😀
  2. Rebus air dalam panci, bulet-buletin adonan bakso (genggam adonan sampai kluar diantara jempol dan telunjuk,ambil pake sendok,ntar bulet dewe)masukin ke air mendidih tadi, tunggu mpe ngapung, angkat.
  3. Untuk tahunya, belah tahu gorengnya, isikan adonan daging di tengah-tengahnya, kukus kurleb 10menit.
  4. Untuk pangsit ato gorengan, isi kulit dengan adonan daging, klo bikin pangsit bs direbus, klo gorengan ya digoreng langsung.

KUAH BAKSO

Resep:

  • 250 gr tulangan sapi ato ayam (lebih enak dan gurih sapi), rebus dalam air secukupnya
  • 5 siung bawang putih, cincang halus
  • 1ruas jahe kurleb 1cm
  • 1 ruas lengkuas kurleb 2cm
  • 2 lembar daun salam
  • merica-gula-garem secukupnya
  • minyak untuk menumis

Caranya

  1. Tumis bawang putih mpe harum
  2. Masukkan tumisan tadi ke dalam rebusan tulangan, tambahkan bahan-bahan laennya
  3. Siap dinikmati bersama baksonya

Pelengkap:

  • Daun bawang merah ato seledri, rajang halus (lebih enak daun bawang)
  • Bawang merah goreng
  • Saos botolan
  • Kecap
  • Sambel rebus

Note:

jahenya duikit aja,klo banyak2 rasanya uaneh….soale ummi pernah kbykan 😀

*diajarin kakakku si ibu guru, mbak entin*