Puding Jagung

Sebenernya pengen bikin jenang jagung kaya ibu dulu sering bikin waktu ummi kecil, sayangnya bahannya ga ada, adanya ager-ager plain, ya udahlah dibikin puding jagung aja, yang penting bisa jadi camilan dirumah hehehe….

IMG_5434

Bahan:

  • 5 centong (sendok nasi) jagung manis pipil, blender
  • 4 gelas air, gunakan sebagian untuk  memblender jagung
  • 1 bungkus agar-agar swallow globe plain
  • 1 sachet susu bubuk
  • 8 sdm gula
  • sejumput garam

Caranya:

  1. Campur jagung yang sudah diblender, sisa air, agar-agar, susu dan gulgar hingga tercampur rata.
  2. Masak diatas api kecil hingga mendidih.
  3. Tuang di cetakan, dinginkan.
  4. Siap disajikan kalo sudah beku Open-mouthed smile

*oprekan dapur ummi

Advertisements

Puding Susu Saus Vla

IMG_2207

bahan:

  • 2 bungkus agar2 putih (1 untuk beningnya, 1 untuk buteknya/puding susunya)
  • 1000 ml susu cair
  • 1000 ml air
  • 300 gr gula pasir (bagi 2)
  • pasta buah 3 macam rasa

bahan vla:

  • 300ml susu segar
  • 75gr gula pasir
  • 1 sdt tepung maizena
  • 1/2 sdt vanilla ekstrak
  • 1 btr kuning telur.

caranya:

  1. rebus masing2 agar2, 1 bungkus dg susu cair, 1 bungkus dg air
  2. setelah mendidih, masing2 td bagi 3, beri pasta masing2
  3. tuang 1 bagian butek ke cetakan, tunggu dingin, tuang 1 bagian bening,lakukan prosedur yang sama utk masing2 agar2,oiya…tuang dg urutan rasa yg sama utk agar2 bening dan buteknya yah 😀
  4. vla: campur sdikit susu dg maizena dan kuning telur, sisihkan. Trus rebus sisa susu dan gula, mpe mendidih, masukkan campuran maizena td aduk rata, angkat, dinginkan….
  5. sajikan puding bersama vla tadi

tips:

  • bila agar2 yg belum dituang ke cetakan td tlanjur beku, panaskan lg dg ditambah 1-2 sdm air
  • bila agar2 yg di cetakan dah tlanjur beku, takut nggak nempel dengan lapisan berikutnya, basahi bagian yang beku dg 1-2sdm air hangat

NB: itu fotonya ada puding coklatnya, pake resep disini 🙂

*oprekan dapur ummi*

Puding Roti

IMG_2036

Bahan:

  • 10 lembar roti tawar tanpa kulit
  • 600 ml susu cair
  • 4 butir telur
  • 100 gr gula pasir
  • 75 gr margarine, cairkan
  • 1/4 sdt vanili
  • 50 gr kismis(optional)
  • 50 gr kenari cincang (optional)

Caranya:

  1. Rendam roti dalam larutan susu selama 30 menit sampai roti hancur dan lembut
  2. Kocok telur dan gula pasir hingga gula larut, masukkan ke dalam adonan roti, aduk rata.
  3. Masukkan margarine yang telah dicairkan dan vanili, aduk mpe rata.
  4. Tuang kedalam cetakan yang sudah diolesi margarine.
  5. Kukus atau panggang hingga matang. Klo udah 1/2 matang baru taburi kismis dan kenari cincang.
  6. Setelah matang angkat, dan puding roti ini bisa dihidangkan dingin (dimasukkan ke lemari es dulu) atau panas.

*hasil googling juga :)*

Double Chocolate Pudding

ini puding favorit kakak dan cirikhas ummi…

IMG_0789

resepnya:

  • 1000 ml susu cair
  • 2 bungkus agar-agar swallow globe
  • 150gr gula pasir
  • 100gr coklat blok, diserut atau dipotong-potong
  • 50gr coklat bubuk
  • 1/4 sdt garam

cara buatnya:

  1. aduk coklat bubuk, gula pasir, agar dan garam
  2. tuang susu sambil diaduk, masak diatas api sambil diaduk, trus masukkan coklat blok sampe mendidih
  3. tuang ke cetakan puding, dinginkan

puding ini bisa dilengkapi dengan saus vla ato koktil

*kalo ga salah diambil dari sedap sekejap pemula*