Lontong

Yup…cuma mau posting cara bikin lontong hihihi…
Ga pernah kepikiran sebelumnya belajar cara bikin lontong,karena di pasar banyak yang jual. Tapi itu berubah sejak pindah jogja, tiap ke pasar nemunya ketupat doang…iya,sama aja sih,beda-beda tipis,cuma kadang kangen dengan lumernya lontong hihihihi…
Selalu ada jalan setiap niat belajar sesuatu, sekamar dengan kakak sepupu waktu ada nikahan ponakan, jadi dapet banyak ilmu baru, alhamdulillah hohoho….
Sekarang jadinya bye bye ketupat made in pasar, klo butuh lontong tinggal bikin deh, beres….

image

Bahan:
• Beras secukupnya
• Daun pisang secukupnya

Alat:
• Cetakan lontong (opsional)
• Panci presto

Cara:
• Cuci bersih beras
• Lapisin cetakan dengan daun pisang
• Isi cetakan dengan beras, cukup 1/3 bagian aja
• Masukkan ke panci presto, isi air sampe cetakan tenggelam
• Masak lontong sampai 30 menit sesudah panci berbunyi, matikan api
• Kurleb 10 menit kemudian, nyalakan lagi api, sampai 30 menit sesudah panci berbunyi, matikan api
• Setelah panci bisa dibuka, keluarkan lontong, siap untuk disajikan

* Diajarin Mbak Wiwik, kakak sepupu yang jago banget masak

Advertisements

Nasi Kebuli Abal-abal :D

Kenapa dibilang nasi kebuli abal-abal?? yaaa…karena ga serius bikinnya, nasi ini dibuat karena ada sisa kuah gule kambing idul adha kemaren….jadi tuh gule kuahnya masih banyak tapi udah ga ada isinya hihihihi…dibuang sayang jadilah nasi bumbu ini, karenanya resepnya ga pake takeran…ini fotonya udah nangkring di kotak bekal abi pula, lupa difoto serius Open-mouthed smile

IMG_5446 

Bahan:

  • Beras, cuci bersih
  • Kuah gule sisa, saring (kan suka ada tulang-tulang kecil tuh)
  • Air ato santen, in case tuh kuah gule kurang buat berasnya
  • Garem
  • Sedikit pala parut
  • Mentega
  • Bawang goreng buat taburan
  • Acar dan melinjo untuk pelengkap

Caranya:

  1. Campur beras, kuah gule, air/santen, garem, dan pala, aduk rata
  2. Masak diatas api kecil mpe airnya habis.
  3. Masukkan mentega, aduk rata (benernya enakan lagi pake minyak samin, cuman lagi abis dirumah)
  4. Kukus nasi dikukusan yang sudah dipanaskan, kurang lebih 1 jam
  5. Sajikan hangat dengan taburan bawang goreng, acar dan melinjo.

*oprekan dapur ummi*

Nasi Goreng Bumbu Rajang

Nasi goreng itu menu favorit kakak, jadi ummi yang awalnya ndak bisa bikin nasgor, suka kerepotan juga, susah aja buat ummi bikin menu satu ini hihihihihi….

Ummi jadinya suka bikin nasi goreng dengan 2 versi, versi ibu dan versi mama, cuma akhir-akhir ini suka bikin yang versi mama, mungkin karena lebih cepet bikinnya. Pada dasarnya nasgor ibu dan mama sama, bedanya punya ibu bumbunya dialusin, punya mama cuma dirajang-rajang aja….

IMG_4348

Bahan:

  • 3 piring nasi dingin
  • 100 gr  udang kupas
  • 100 gr fillet daging ayam, dipotong-potong tipis
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas, buat orak-arik, sisihkan
  • sedikit minyak untuk masaknya
  • bawang goreng untuk taburan

Bumbu-bumbu:

  • 3 siung bawang putih, rajang halus
  • 3 butir bawang merah, rajang halus
  • 1,5 buah cabe merah, rajang halus
  • 5 cabe rawit, rajang halus (standar ummi bikin, tapi optional ini)
  • 1/2 sdt terasi
  • 2 sdm kecap manis
  • Gula garem secukupnya

Caranya:

  1. Panaskan minyak goreng, masukkan bawang merah, bawang putih, dan cabe, tumis sampe harum.
  2. Masukkan terasi, aduk rata, kemudian masukkan udang dan ayam, tumis sampe mateng.
  3. Masukkan nasi dingin, aduk rata, beri gula garam dan kecap manis, aduk rata, kemudian masukkan telor orak-arik, angkat dan siap disajikan dengan taburan bawang goreng.

*resep mama, dimodifikasi dapur ummi*

Nasi Kuning

 

Ini nasi kuning simpel, karena dimasak pake rice cooker saja, bisa buat nasi uduk juga, sama, tinggal diilangin kunyitnya aja

Bahan:

  • 6 cup beras
  • 3 kunyit @3-4cm, parut ambil airnya
  • 3 batang sereh
  • 2 lembar daun salam
  • 4-5 lembar daun jeruk
  • Santan secukupnya, pokoknya jatuhnya jadi 1<5 ruas jari kita diatas permukaan beras
  • Garam secukupnya

Caranya:

  1. Rendem dulu beras di air kunyit, kira-kira 20-30menit, biar kuningnya cantik
  2. Masukkan bahan-bahan laen, pasang deh rice cookernya.
  3. Ditengah-tengah proses pemasakan, buka rice cooker, aduk-aduk berasnya, hal ini dilakukan agar nasi matang sempurna, klo ga yang bagian atas suka masih keras.

*oprekan dapur ummi*