Lontong

Yup…cuma mau posting cara bikin lontong hihihi…
Ga pernah kepikiran sebelumnya belajar cara bikin lontong,karena di pasar banyak yang jual. Tapi itu berubah sejak pindah jogja, tiap ke pasar nemunya ketupat doang…iya,sama aja sih,beda-beda tipis,cuma kadang kangen dengan lumernya lontong hihihihi…
Selalu ada jalan setiap niat belajar sesuatu, sekamar dengan kakak sepupu waktu ada nikahan ponakan, jadi dapet banyak ilmu baru, alhamdulillah hohoho….
Sekarang jadinya bye bye ketupat made in pasar, klo butuh lontong tinggal bikin deh, beres….

image

Bahan:
• Beras secukupnya
• Daun pisang secukupnya

Alat:
• Cetakan lontong (opsional)
• Panci presto

Cara:
• Cuci bersih beras
• Lapisin cetakan dengan daun pisang
• Isi cetakan dengan beras, cukup 1/3 bagian aja
• Masukkan ke panci presto, isi air sampe cetakan tenggelam
• Masak lontong sampai 30 menit sesudah panci berbunyi, matikan api
• Kurleb 10 menit kemudian, nyalakan lagi api, sampai 30 menit sesudah panci berbunyi, matikan api
• Setelah panci bisa dibuka, keluarkan lontong, siap untuk disajikan

* Diajarin Mbak Wiwik, kakak sepupu yang jago banget masak

Advertisements