Choux Pastry

Akhirnya dapet hidayah juga bikin kue ini,karena beberapa kali gagal karena salah teknik ato ga telaten juga…

image

Dan puas banget pake resep ini, maturtengkyu Mbak Azzah yang sudah berkenan berbagi resepnya

image

Bahan kulit:
  • 250ml air
 •125gr mentega / margarine
 •140gr terigu protein tinggi
  •1 sdt gula
  • 1/2 sdt BPDA (Baking Powder Double Acting)
   • 4 btr telur (pisahkan kuning dan putihnya)
 
Caranya:
1. Rebus jadi 1 air,mentega,gula dan garam
2. Setelah mendidih pertama, masukkan terigu, aduk cepat dan rata, dinginkan
3. Setelah adonan dingin ( tidak terlalu dingin tapi ndak anget juga :D) mixer dengan kecepatan rendah, masukkan kuning telur semua, kemudian masukkan putih telur sedikit demi sedikit, sampai adonan pas kentalnya ( tidak terlalu padat tp juga tidak terlalu cair,adonan disendok tidak jatuh)
4. Ummi suka pake spuit kalo bikin sus ini, jadi masukkan adonan ke pipping bag yang sudah dipasang spuit bintang besar. Spuitkan di loyang yang sudah diolesin mentega/margarin, bisa melingkar bisa memanjang (jadi eclair kalo panjang)
5. Panggang kue di oven  yang sudah dipanaskan dengan suhu 200 dercel,sampai busa di kue hilang kurleb 30-40  menitlah,jangan dibuka-buka ya ovennya biar ga mimpes/kempes
6. Kalo udah mateng dinginkan sebelum di isi sesuai selera, bisa dengan vla vanila ato bisa juga diisi ragout ato juga diisi dengan isian hotdog

*resep dari Mbak Azzah

Bahan vla vanila:
• 700 cc        susu cair
• 150 gr        gula pasir
• 50 gr          tepung maizena
• ¼ sdt          garam
• 2 btr           kuning telur
• 1 sdm         mentega
• essens vanila secukupnya
Caranya:
1. Aduk maizena dan kuning telur dengan sedikit susu
2. Rebus susu, gula dan garam sampe mendidih, masukan campuran susu, telur dan maizena td aduk rata sampai mengental, matikan api
3. Masukkan mentega dan essens, aduk sampai mentega mencair dan tercampur rata
4. Dinginkan, dan tutup wadahnya agar adonan vla tidak berkulit

* resep dari NCC

Note:
1. Cara ummi ngisi vla ke dalam sus, masukkan adonan vla di pipping bag, tusuk kulit sus pake sumpit (ujung kecil), masukkan vla melalui lubang tadi dengan bantun pipping bag
2. Kalo mau buat eclair, tinggal pake yg bentuk kulit panjang, setelah diisi vla, dicelupin ke coklat blok yang sudah dicairkan

Advertisements

Prol Tape

Kali ini tiba-tiba kangen makan prol tape,kangen bondowoso…padahal waktu itu mau pergi ke bondowoso juga ><
Dan ketika di warung ada tape,diambil aja sama ummi,sebagian untuk es campur,sebagian lagi untuk prol tape….

image

Bahan:
• 750 gr tape,buang serat dan bejek2 pake garpu ato sendok
• 4 sdm tepung maizena
• 60 gr terigu
• 200 gr gula
• 1 sdt bubuk kayu manis (ummi ga pake)
• 10 sdm susu tawar cair
• 10 kuning telur
• 4 putih telur
• 2 sdm munjung mentega
• 1/4 sdt garam

Caranya:
1. Campur tape,gula,dan garam smpai rata
2. Kocok lepas telur,masukkan ke adonan tape tadi,aduk rata
3. Masukkan sisa bahan yang lain,aduk rata
4. Tuang ke loyang yg sudah dilapisi kertas roti dan dioles mentega
5. Panggang adonan di dalam oven dengan suhu 180 dercel, selama 50-60 menit…ditengah-tengah waktu ngoven,kluarkan prol tape untuk dioles kuning telur dan ditaburin keju parut kalo suka

*lupa dari mana resepnya,karena sudah lama nangkring di primbon,maapken saya ya wahai yang empunya resep ><

Note: untuk menghemat waktu, ummi biasanya langsung blender jadi 1 tape,telur,gula dan garam 😀 klo bikin paling juga cuma 1/2 resep biar ga mabok ngabisin telornya 😀