Sop Pangsit

Nah…kalo ini karena ummi pengen aja, soalnya di kulkas ada kulit pangsit yang iseng dibeli ummi waktu ke pasar hehehehe…alhamdulillah seger dan laris…

IMG_5687

Bahan Pangsit:

  • 30 lembar kulit pangsit siap pakai ukuran 10x10cm (soalnya 1 pak isi 30 Open-mouthed smile)
  • 250 gram daging ayam giling
  • 100 gram udang, cincang
  • 2 batang daun bawang/kucai, rajang halus
  • 1 sdt minyak wijen
  • Garam, gula, merica secukupnya
  • 2sdm minyak goreng
  • Air secukupnya untuk merebus

Bahan Kuah:

  • 2 ikat sawi hijau, potong-potong
  • 1 liter kaldu ayam
  • 2 sdm bawang putih halus
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdt minyak wijen
  • merica, gula dan garam secukupnya
  • daun bawang, rajang halus, untuk taburan

Caranya:

  1. Pangsit: Campur daging ayam, daging udang, daun bawang/kucai, minyak wijen, gula, garem dan merica. Isikan pada kulit pangsit, masing-masing 1 sdt, lipat segitiga, kemudian temukan kedua ujungnya. Didihkan air, masukkan minyak goreng, rebus pangsit tadi sampai mateng. (diberi minyak goreng agar pangsit tidak lengket ketika sudah diangkat)
  2. Kuah: tumis bawang putih sampai harum, beri sedikit kaldu, didihkan, masukkan di air kaldu sambil disaring, agar kuah tetep bening. Didihkan air kaldu, masukkan semua bahan kecuali sawi hijau. Sawi hijau dimasukkan sesaat ketika hendak disajikan agar warnanya tetap cantik.
  3. Penyajian: tata pangsit dalam mangkuk, siram dengan kuah kaldu dan sawi hijau, taburi dengan daun bawang, siap dinikmati selagi hangat Open-mouthed smile

Note: resep aslinya untuk kuah kaldu ga pake tumisan bawang putih, tapi pake kaldu instan bubuk, berhubung ummi ga pake kaldu instan bubuk, ummi pake tumisan bawang putih.

*oprekan dapur ummi, diinspirasi dari buku “Masakan Praktis untuk Keluarga”*

1 Comment

  1. woooo enak ky e….. disini dingiiiin mulu jd pengen coba hehehehe eh tp ya mbak dulu pernah nyoba bikin tp kulit pangsitnya kok direbus ngilang gitu dia…. jd lumer dewe… cari kulit pangsitnya yg gmn? hehehheheehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s