Menu Hari Ini

Alhamdulillah, setelah panas berhari-hari, tadi malam Denpasar diguyur hujan lebat, udara jadi sejuk, enak buat bobo, dan walhasil ummi meringkuk lagi di kasur setelah sholat subuh Embarrassed smile Selanjutnya yang terjadi adalah jadi kesiangan belanja dan masak Disappointed smile Tapi syukurlah mesti jadi kelewatan beberapa menit dari jadwal, abi dan kakak tetap bisa bekal…

 

ORAK-ARIK KOL WORTEL

Yak ini menu yang gampang, cepet dibikin dan murmer hehehehe…

IMG_5677

Bahan:

  • 1/2 bagian kol, rajang halus
  • 2 buah wortel, serut
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1 sdm bawang putih halus
  • 1 sdm bawang merah halus
  • 1/2 sdm saus tiram
  • 1/2 sdm minyak wijen
  • Garem, gula dan merica secukupnya

Caranya:

  1. Tumis bawang merah putih sampe harum, tambahkan saus tiram.
  2. Masukkan sayuran, kol dan wortel, aduk sampai layu.
  3. Tambahkan garem, gula dan merica, aduk rata.
  4. Masukkan telur kocok, aduk rata sampe telur mateng dan bergumpal-gumpal.
  5. Masukkan minyak wijen, aduk rata, siap disajikan.

*diajarin ibu dan mbak entin, dimodifikasi di dapur ummi*

 

PERKEDEL TAHU

Dulu awalnya bikinnya suka ndadak, langsung digoreng aja, cuma kayanya sekarang ummi suka buat dengan cara begini, bisa buat lauk bisa buat cemilan juga hihihihi…bisa dibuat sehari sebelumnya, bisa juga langsung, cuman kalo langsung, potongannya pasti kurang cantik, karena kurang dingin betul…

IMG_5678

Bahan:

  • 10 buah tahu (ukuran 5x5cm), hancurkan
  • 1 buah wortel, serut
  • 2 buah daun bawang, rajang halus
  • 2 butir telur, 1 untuk campuran adonan, 1 untuk pelapis waktu menggoreng
  • 2 sdm tepung sagu
  • 1 sdm bawang putih halus
  • Gula, garem dan merica secukupnya
  • Daun pisang ato plastik untuk membungkus adonan

Caranya:

  1. Campur semua bahan jadi 1 (kecuali 1 telur yang untuk melapisi tadi Open-mouthed smile)
  2. Bungkus adonan di atas daun pisang ato plastik, bungkus seperti lontong.
  3. Kukus selama 15-20 menit di kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya.
  4. Dinginkan perkedel tahu, setelah itu potong-potong.
  5. Celupkan perkedel kukus tadi ke telur kocok, goreng sampai berwarna kuning keemasan.
  6. Sebagai camilan bisa disajikan pake saus tomat/sambal ato cabe rawit.

*oprekan dapur ummi*

 

KRUPUK PANGSIT

Nothing special dari menu yang ini, dibuat dari kulit pangsit siap pakai yang digoreng gitu aja hehehehe….tapi cukup pas untuk menemani menu hari ini Smile

IMG_5679

 

Well…menu-menu diatas pasti dah banyak yang bisa tapi tetep…moga bermanfaat yah Smile

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s