Rujak Mie

Pengen yang seger-seger, tapi ndak pake ribet mesti keluar dulu cari bahan. Makanan ini dari palembang, mungkin maksudnya untuk memanfaatkan sisa pempek lenjer ya, cuma isinya dibikin jadi lebih rame, tapi untuk bikin rujak mie ndak wajib pake pempek juga, ibu biasa bikin godo-godo untuk gantiin pempek lenjernya, mirip bakwan ato ote-ote ato heci ato hongkong, tapi ndak diisi wortel, kol dan taoge, cukup dengan irisan daun bawang ato rajangan bawang merah kasar dan ketela rambat yang dipotong korek api, tapi kali ini karena ketelanya ndak ada ummi ga pake Smile

IMG_4304

Bahan:

  • 200 gr mie telor, rebus, tiriskan, perciki sedikit minyak goreng biar ndak lengket
  • 100 gr taoge, rendam dalam air panas, tiriskan
  • 2 buah tahu ukuran 10×5 cm, goreng, sisihkan
  • 1/2 buah timun, kupas, buang isinya, potong kecil-kecil
  • Kerupuk kanji untuk pelengkap

Bahan Godo-godo/Bakwan bawang:

  • 100 gr udang, dihaluskan (optional, boleh ndak dikasih udang)
  • 250 gr tepung terigu
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah bawang merah
  • 3 bawang prei, rajang halus (bisa diganti 5 buah ato lebih bawang merah)
  • Gula, garem, merca secukupnya
  • Air secukupnya, sampe adonan kentalnya pas
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan Kuah/Cuko:

  • 300 gr gula merah, dipotong-potong
  • 100 gr asem jawa
  • 3-4 siung bawang putih dengan kulitnya
  • 1,5 cabe merah
  • Cabe rawit sesuai selera
  • Gula garem secukupnya (gula ditambahkan klo memang kurang manis)
  • 3 gelas air

Caranya:

  1. Godo-godo: haluskan bawang merah dan bawang putih, kemudian campur semua bahan jadi 1, goreng sesendok demi sesendok sapai coklat matang.
  2. Cuko: uleg kasar bawang putih berkulit dan cabe, rebus jadi 1 dengan asam, gula merah dan air, tambahkan garam, dan gula, didihkan, saring, sisihkan.
  3. Penyajian: tata di piring secara berurutan, mie telor, tahu, godo-godo, taoge dan potongan timun, siram dengan kuah cuko, siap disajikan bersama kerupuk kanji.

*diajarin ibu*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s