Siomay

 

Rikues kakak, karena katanya ummi udah lama ga buat siomay, tapi berhubung kemaren tenaga ummi terbatas jadi cuma buat siomay aja, dicocol saus/saus sambel aja, ummi ga buat sambel kacangnya, tapi jadilah untuk cemil-cemil dirumah…

IMG_3694 

Bahan:

  • 250gr daging ayam (fillet dada)
  • 250gr daging udang, buang kulitnya
  • 2 siung bawang putih, geprek
  • 3 butir telur
  • 1,5sdm minyak wijen
  • 4-5sdm tepung kanji ( sebenernya secukupnya, selera masing-masing)
  • garam dan merica secukupnya
  • kulit siomay/pangsit siap pakai

Caranya:

  1. Blender semua bahan jadi 1, kecuali  tepung, minyak wijen, dan garem-merica, blender tanpa aer, cukup pake telor tadi
  2. Masukkan sisa bahan, aduk rata
  3. Siapkan cucing/cangkir arak klo ada (lbh supaya bentuk siomay seragam aja, klo ga ada gapapa :)) tata kulit siomay distu, isikan adona secukupnya
  4. Kukus siomay kurleb 15-20menit, dalam kukusan yang udah dipanasin.
  5. Jadi deehhhhh…..😀

note: klo mau komplit, siomay bandung gitu, tambahkan juga tahu putih kukus (lubangin ksh adonan siomay), kentang kukus, telur rebus dan kol rebus

 

SAMBEL KACANG

Bahan:

  • 100gr kacang tanah goreng
  • 2 butir kemiri
  • 2 siung bawang putih
  • 2-3 cabe merah
  • cuka secukupnya
  • gula garem secukupnya
  • 200cc air
  • 1 biji kentang/ketela kukus, haluskan

Caranya:

  1. Goreng kemiri, bawang putih dan cabe merah, kemudian blender jadi 1 dengan kacang tanah dan air.
  2. Masak bahan-bahan tadi diatas api kecil, tambahkan sisa bahan tadi, aduk rata, cicip udah pas belom…
  3. klo udah mateng, siramin diatas siomay, kasih kecap sama peresan jeruk limau….

*oprekan dapur ummi*

4 Comments

  1. gitu ya mba…hehe.soalnya kpn itu nyoba bikin lumpia,beli kulit jd,waktu ngukus kelamaan mgkn la kok jdnya lengket ket ket…akirnya ambyar :D…kalo siomaynya ini kulitnya trh digelas trus diisi trus dilipat gitu ato gmna biar ga ambyar??mksh *maaf bnyk tanya :p*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s