(Maksudnya) CAKWE

Beberapa hari jadi masuk dapur lagi gegara kena colek ikutan #FoodChallenge 5 hari berturut-turut,setelah males-malesan nengok dapur beberapa minggu ini. Ini hari ke3, buat cemilan aja…

Pilihan jatuh pada cakwe, karena anak-anak doyan ini. Biasanya mas-mas penjual menyertakan bahan amoniak pada cakwenya, tapi ummi ndak punya, jadi cari yang pake bahan yang umum-umum aja hihihi…

Tapi karena maunya pake yang umum-umum jadinya juga umum-umum jg…haizzz….karena nguleninnya kurang meyakinkan dan dieminnya kurang lama ato jangan-jangan soda kue yang kurang oke, cakwe ini teksturnya jd mirip roti biasa kurang bolong-bolong. Dibagi 2 adonannya,ada yang digoreng duluan sama yang digoreng belakangan memang rada beda, yang belakangan lebih oke cm masih kurang bolong. Okelah ndak papa, baru pertama bikin, yang penting sudah belajar dimana kira-kira yang perlu diperbaiki, next dicoba lagi ya ummi….

image

Bahan biang:
2 sdt ragi instan
2 sdm tepung terigu
2 sdt gula pasir
6 sdm air putih hangat
Campur semua bahan jadi 1, diamkan sampe berbuih, kira-kira 5-10 menit

Bahan:
500 gram tepug terigu protein tinggi
1 sdt garam
1 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder
200 ml air
2 sdm minyak goreng

Caranya:
1. Masukkan terigu, garam, soda kue dan baking powder ke wadah, tuang bahan biang, tambahkan air dikit-dikit dan minyak goreng mpe adonan kalis.
2. Bulatkan adonan, tutup pake plastik/ serbet, diamkan minimal 2 jam.
3. Kempiskan adonan, bagi 2 adonan, giling masing-masing mpe tipis (1cm-an). Beri air pada salah satu adonan, tumpuk dengan adonan yang lain. Potong-potong, kira2 2-3cmx10-15cm.  Tekan bagian tengah cakwe dengan punggung pisau/sumpit, supaya cakwe nya nempel waktu digoreng.
4. Tarik adonan sebelum digoreng supaya memanjang, goreng dengan panas sedang sampe kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Siap disajikan dengan cocolan saos sambel ato saos cakwe (ummi ga bikin :D)

Note:
– resep ini 2x resep aslinya
– yang digoreng belakangan, adonannya jadi didiemin 2x, yang didiemin 2x ini adonannya lebih lentur kaya adonan roti pada umumnya dan kaya adonan cakwe di abang2 penjual (padahal kepaksa 2x proofing, gegara waktunya jemput sekola hihihi)

*resep asli dapetnya dari sini *

Lontong

Yup…cuma mau posting cara bikin lontong hihihi…
Ga pernah kepikiran sebelumnya belajar cara bikin lontong,karena di pasar banyak yang jual. Tapi itu berubah sejak pindah jogja, tiap ke pasar nemunya ketupat doang…iya,sama aja sih,beda-beda tipis,cuma kadang kangen dengan lumernya lontong hihihihi…
Selalu ada jalan setiap niat belajar sesuatu, sekamar dengan kakak sepupu waktu ada nikahan ponakan, jadi dapet banyak ilmu baru, alhamdulillah hohoho….
Sekarang jadinya bye bye ketupat made in pasar, klo butuh lontong tinggal bikin deh, beres….

image

Bahan:
• Beras secukupnya
• Daun pisang secukupnya

Alat:
• Cetakan lontong (opsional)
• Panci presto

Cara:
• Cuci bersih beras
• Lapisin cetakan dengan daun pisang
• Isi cetakan dengan beras, cukup 1/3 bagian aja
• Masukkan ke panci presto, isi air sampe cetakan tenggelam
• Masak lontong sampai 30 menit sesudah panci berbunyi, matikan api
• Kurleb 10 menit kemudian, nyalakan lagi api, sampai 30 menit sesudah panci berbunyi, matikan api
• Setelah panci bisa dibuka, keluarkan lontong, siap untuk disajikan

* Diajarin Mbak Wiwik, kakak sepupu yang jago banget masak

Choux Pastry

Akhirnya dapet hidayah juga bikin kue ini,karena beberapa kali gagal karena salah teknik ato ga telaten juga…

image

Dan puas banget pake resep ini, maturtengkyu Mbak Azzah yang sudah berkenan berbagi resepnya

image

Bahan kulit:
  • 250ml air
 •125gr mentega / margarine
 •140gr terigu protein tinggi
  •1 sdt gula
  • 1/2 sdt BPDA (Baking Powder Double Acting)
   • 4 btr telur (pisahkan kuning dan putihnya)
 
Caranya:
1. Rebus jadi 1 air,mentega,gula dan garam
2. Setelah mendidih pertama, masukkan terigu, aduk cepat dan rata, dinginkan
3. Setelah adonan dingin ( tidak terlalu dingin tapi ndak anget juga :D) mixer dengan kecepatan rendah, masukkan kuning telur semua, kemudian masukkan putih telur sedikit demi sedikit, sampai adonan pas kentalnya ( tidak terlalu padat tp juga tidak terlalu cair,adonan disendok tidak jatuh)
4. Ummi suka pake spuit kalo bikin sus ini, jadi masukkan adonan ke pipping bag yang sudah dipasang spuit bintang besar. Spuitkan di loyang yang sudah diolesin mentega/margarin, bisa melingkar bisa memanjang (jadi eclair kalo panjang)
5. Panggang kue di oven  yang sudah dipanaskan dengan suhu 200 dercel,sampai busa di kue hilang kurleb 30-40  menitlah,jangan dibuka-buka ya ovennya biar ga mimpes/kempes
6. Kalo udah mateng dinginkan sebelum di isi sesuai selera, bisa dengan vla vanila ato bisa juga diisi ragout ato juga diisi dengan isian hotdog

*resep dari Mbak Azzah

Bahan vla vanila:
• 700 cc        susu cair
• 150 gr        gula pasir
• 50 gr          tepung maizena
• ¼ sdt          garam
• 2 btr           kuning telur
• 1 sdm         mentega
• essens vanila secukupnya
Caranya:
1. Aduk maizena dan kuning telur dengan sedikit susu
2. Rebus susu, gula dan garam sampe mendidih, masukan campuran susu, telur dan maizena td aduk rata sampai mengental, matikan api
3. Masukkan mentega dan essens, aduk sampai mentega mencair dan tercampur rata
4. Dinginkan, dan tutup wadahnya agar adonan vla tidak berkulit

* resep dari NCC

Note:
1. Cara ummi ngisi vla ke dalam sus, masukkan adonan vla di pipping bag, tusuk kulit sus pake sumpit (ujung kecil), masukkan vla melalui lubang tadi dengan bantun pipping bag
2. Kalo mau buat eclair, tinggal pake yg bentuk kulit panjang, setelah diisi vla, dicelupin ke coklat blok yang sudah dicairkan

Prol Tape

Kali ini tiba-tiba kangen makan prol tape,kangen bondowoso…padahal waktu itu mau pergi ke bondowoso juga ><
Dan ketika di warung ada tape,diambil aja sama ummi,sebagian untuk es campur,sebagian lagi untuk prol tape….

image

Bahan:
• 750 gr tape,buang serat dan bejek2 pake garpu ato sendok
• 4 sdm tepung maizena
• 60 gr terigu
• 200 gr gula
• 1 sdt bubuk kayu manis (ummi ga pake)
• 10 sdm susu tawar cair
• 10 kuning telur
• 4 putih telur
• 2 sdm munjung mentega
• 1/4 sdt garam

Caranya:
1. Campur tape,gula,dan garam smpai rata
2. Kocok lepas telur,masukkan ke adonan tape tadi,aduk rata
3. Masukkan sisa bahan yang lain,aduk rata
4. Tuang ke loyang yg sudah dilapisi kertas roti dan dioles mentega
5. Panggang adonan di dalam oven dengan suhu 180 dercel, selama 50-60 menit…ditengah-tengah waktu ngoven,kluarkan prol tape untuk dioles kuning telur dan ditaburin keju parut kalo suka

*lupa dari mana resepnya,karena sudah lama nangkring di primbon,maapken saya ya wahai yang empunya resep ><

Note: untuk menghemat waktu, ummi biasanya langsung blender jadi 1 tape,telur,gula dan garam :D klo bikin paling juga cuma 1/2 resep biar ga mabok ngabisin telornya :D

Sup Jagung

Yupp…beberapa hari ini, dapur ummi temanya sup dan sup…mungkin karena suasana sedang mendung dan dingin, ato mungkin juga karena males ribet…rasanya enak aja maem sup-supan panas heheheh….pagi tadi di dapur sibuk nguplek2 bikin sup jagung, dimaem bareng roti manis yang kemaren dibikin, tapi yang disiapin buat temennya si sup ini dibikin polosan, ga ada isi…

2012-05-16 07.06.55

Bahan:

  • 500 gram dada ayam, rebus, air kaldunya buat kuah, dagingnya dipotong-potong, sisihkan.
  • 4 buah wortel, potong kotak-kotak, sisihkan
  • 3 genggam jagung manis sisir (maap ga tau berapa biji, jagung manis dirumah selalu udah disisir dan disimpen di freezer)
  • 5 buah sosis, potong-potong
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1 buah bawang bombay, potong-potong
  • 4 siung bawang putih, cincang
  • 1 kaleng krim jagung (425 gram kayanya, optional juga sifatnya)
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • Gula, garam dan merica secukupnya
  • 2 sdm unsalted butter
  • 2 sdm tepung maizena dicairkan dengan sedikit air

Caranya:

  1. Panaskan butter, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, angkat, blender dengan sedikit air kaldu, sisihkan.
  2. Didihkan air kaldu, masukkan wortel dan jagung, masukkan blenderan bawang dan krim jagung.
  3. Masukkan sosis dan daging ayam, masukkan telur, aduk rata, mpe telur berserabut dan mateng.
  4. Masukkan pala, gula, garem dan merica, aduk rata.
  5. Masukkan tepung maizena yang sudah diencerin tadi, aduk rata.
  6. Siap disajikan anget-anget, taburi parsley ato seledri cincang, bisa ditemeni cruton (roti tawar dipotong kotak,oven sampe kering), kali ini kalo ummi ya pake roti manis polosan Open-mouthed smile, kalo suka rada pedes bisa dikasih sambel kecap yang dibikin dari kecap asin ditambah rajangan cabe rawit ijo.

*oprekan dapur ummi*

Sup Kangkung

Aneh ya??? heheheh…iyaa sama ummi juga ngerasa aneh waktu dengernya, tapi resepnya Mama Hanis ini bener-bener mengundang rasa ingin tau ummi, pengen nyobanya…dan memang unik, seger rasanya…menambah lagi perbendaharaan menu di dapur ummi…tengkyu Mama Hanis!!!!

2012-05-15 19.22.56

Bahan:

  • 300 gram ceker ayam, direbus dalam 1 liter air sampe empuk (ceker bisa diganti dengan dada ayam)
  • 3 ikat kangkung, siangi, rebus, tiriskan, sisihkan
  • 2 buah tomat ukuran sedang, potong-potong
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • Gula, garam dan merica secukupnya

Caranya:

  1. Tumis bawang putih sampe harum, masukkan dalam rebusan ceker tadi.
  2. Tambahkan gula, garam dan merica sesuai selera.
  3. Setelah air kaldu mendidih, masukkan potongan tomat, masak sebentar, matikan kompor.
  4. Tata kangkung di piring ato mangkuk, tuang dengan kuah ceker tadi, siap disajikan hangat-hangat.

*original recipe dari Mama Hanis, dioprek-oprek di dapur ummi*

Sop Pangsit

Nah…kalo ini karena ummi pengen aja, soalnya di kulkas ada kulit pangsit yang iseng dibeli ummi waktu ke pasar hehehehe…alhamdulillah seger dan laris…

IMG_5687

Bahan Pangsit:

  • 30 lembar kulit pangsit siap pakai ukuran 10x10cm (soalnya 1 pak isi 30 Open-mouthed smile)
  • 250 gram daging ayam giling
  • 100 gram udang, cincang
  • 2 batang daun bawang/kucai, rajang halus
  • 1 sdt minyak wijen
  • Garam, gula, merica secukupnya
  • 2sdm minyak goreng
  • Air secukupnya untuk merebus

Bahan Kuah:

  • 2 ikat sawi hijau, potong-potong
  • 1 liter kaldu ayam
  • 2 sdm bawang putih halus
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdt minyak wijen
  • merica, gula dan garam secukupnya
  • daun bawang, rajang halus, untuk taburan

Caranya:

  1. Pangsit: Campur daging ayam, daging udang, daun bawang/kucai, minyak wijen, gula, garem dan merica. Isikan pada kulit pangsit, masing-masing 1 sdt, lipat segitiga, kemudian temukan kedua ujungnya. Didihkan air, masukkan minyak goreng, rebus pangsit tadi sampai mateng. (diberi minyak goreng agar pangsit tidak lengket ketika sudah diangkat)
  2. Kuah: tumis bawang putih sampai harum, beri sedikit kaldu, didihkan, masukkan di air kaldu sambil disaring, agar kuah tetep bening. Didihkan air kaldu, masukkan semua bahan kecuali sawi hijau. Sawi hijau dimasukkan sesaat ketika hendak disajikan agar warnanya tetap cantik.
  3. Penyajian: tata pangsit dalam mangkuk, siram dengan kuah kaldu dan sawi hijau, taburi dengan daun bawang, siap dinikmati selagi hangat Open-mouthed smile

Note: resep aslinya untuk kuah kaldu ga pake tumisan bawang putih, tapi pake kaldu instan bubuk, berhubung ummi ga pake kaldu instan bubuk, ummi pake tumisan bawang putih.

*oprekan dapur ummi, diinspirasi dari buku “Masakan Praktis untuk Keluarga”*