Roti Manis

Pengen banget bisa bikin roti dewe, udah lama liat macem-macem resep, tapi yang mau prakteknya bener-bener nunggu hidayah hahahaha….Ahirnya praktek juga deh si emak ini, pake resep softbreadnya NCC, dengan isi dan bentuk seadanya…Benernya dah kumpulin resep-resep roti itu yang mana didalemnya ada cara bikin bentuknya yang lucu-lucu itu tapi kok yaa…setelah dipraktekkan susah buat ummi hihihi…nyerah deh kali ini, mungkin laen kali blajar lagi bikin bentuk yang cantik-cantik itu Open-mouthed smile Ada 4 macem yang ummi buat rotinya, ada yang isi coklat, isi keju, selai  strawberry dan trahir sosis.

IMG_5681

Penampakan roti yang pertama, belom bisa bentuk aneh-aneh Open-mouthed smile

 

2012-05-15 19.23.53

Percobaan kedua, sudah mulai modifikasi bentuk, alhamdulillah Smile

 

Bahan:

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 100 gram gula
  • 100 gram mentega
  • 11 gram ragi instan (1 bungkus)
  • 1/2 sdt bread improver (ummi pake baker bonus)
  • 4 butir kuning telur
  • 300 ml air es
  • 1/2 sdt garam

Caranya:

  1. Campur semua bahan kering kecuali garem
  2. Masukkan telur dan air 200ml,aduk rata
  3. Masukkan mentega dan garam, uleni sampe kalis (kalo ditipisin ga sobek)
  4. Diemin adonan 1 jam, kemudian tinju tuh adonannya biar kempes hihihi…
  5. Bagi adonan masing-masing 20 gram beratnya, bentuk-bentuk dan isi, diamkan lagi kira-kira 15 menit
  6. Oven di suhu 200 derajat celcius, durasinya 8-10 menit…oiya rotinya diolesin pake kuning telur dan susu uht (ala ummi,soalnya itu yang ada Open-mouthed smile)

Bahan isian keju:

  • 100 gram tepung terigu
  • 25 gram margarin
  • 50 gram keju cheddar parut
  • 1sdm tepung gula
  • 1/2 sdt garam

Semua bahan dicampur jadi 1 pake garpu, kemudian siap diisikan ke adonan roti

*resep roti didapat dari NCC resep isian keju didapat dari tabloid SAJI*

About these ads

2 thoughts on “Roti Manis

  1. Pingback: Sup Jagung | Dapur Ummi Pandan

  2. nice article, very helpfull & usefull. Wah jadi pingin nyoba nich, lihat resep roti manisnya yg maknyuss.Dan bila anda ingin tips memilih, merawat dan memperbaiki mesin roti / bakery. klik aja di FIKRI TEKNIK salam kenal & semoga sukses selalu yach….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s